Postingan

Materi Sistem Pelumas

Gambar
SISTEM PELUMASAN Pelumas merupakan hal penting dari semua mesin bakar. Pada motor bakar, pelumasan lebi sulit karena terdapat panas yang dihasilkan dari ledakan langkah usaha. Tujuan utama dari sistem pelumasan adalah untuk mengurangi gesekan, keausan dan kehilangan daya. Tujuan lain sistem pelumasan yaitu: 1)       Menyerap dan memindahkan panas. 2)       Sebagai perapat clearence antara piston dan silinder. 3)       Sebagai bantalan untuk meredam suara berisik mesin. Prinsip kerja sistem pelumasan ialah oli diangkat dari bak oli ( carter ) ke pompa oli, kemudian oli disalurkan ke bagian-bagian yang memerlukan. Kotoran oli mungkin terbawa pada saat sirkulasi oli. Sistem pelumasan pada mekanisme katup melalui camshaft , tappet dan push rod langsung ke mur penyetel kemudian oli menetes kembali ke karter melalui celah antara push rod dan pipa pelindung. Untuk pelumasan komponen-komponen logam melalui dinding-dinding silinder. Fungsi pelumasan: 1)       Mengurangi g

Rangkuman Sistem Pendingin

Gambar
·          Putaran kipas tergantung kepada putaran mesin. ·          Untuk mencegah kehilangan tenaga maka biasanya antara pompa air dan kipas pendingin dipasang sebuah kopling fluida. Berfungsi juga menghindari overheating . ·          Kalau menggunakan electronic fan , jika mesin belum panas, kipas tidak berfungsi. Jika mesin mulai panas, kipas mulai bekerja. Jika mesin panas, putaran kipas semakin tinggi. ·          Electronic fan diatur oleh sensor temperatur air. ·          Sistem pendingin memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya mengurangi panas mesin. Kekurangannya jika overheating dapat menurunkan tenaga mesin. ·          Cara kerja electronic fan : -Kunci Kontak IG/ON-> Fan Relay ( Open )-> Coolant Temperature Switch ( Closed If Temperature ≤93°C)->Kipas OFF (Tidak Bekerja) -Kunci Kontak IG/ON-> Fan Relay ( Closed )-> Coolant Temperature Switch ( Open If Temperature ≥93°C)->Kipas ON ·          Fungsi paling penting tutup radiato

Mekanisme Katup

Gambar
A.     Pengertian Mekanisme Katup Mekanisme katup adalah suatu mekanisme pengaturan proses pembukaan dan penutupan katup masuk dan katup buang. 1)       Fungsi Mekanisme Katup Mekanisme katup berfungsi untuk membuka dan menutup katup hisap dan katup buang yang sesuai dengan firing order sebuah silinder. B.     Bagian-Bagian Utama Mekanisme Katup 1)       Katup Katup terdiri dari: 1)       Katup ( valve ) Membuka dan menutup saluran hisap dan saluran buang. Diameter katup masuk lebih besar dari katup buang. 2)       Dudukan Katup ( valve seat ) Sebagai tempat dudukan kepala katup. 3)       Pegas Katup ( valve spring ) Untuk mengembalikan dan merapatkan katup pada valve seat . 4)       Selongsong Katup ( valve guide ) Sebagai tempat naik turunnya batang katup. Terbuat dari besi cor. 2)       Sumbu Nok ( Camshaft ) Camshaft dilengkapi dengan nok yang sama pada katup hisap dan buang dengan sudut yang berbeda sehingga dapat membuka dan menutup katup sesua