Cara kerja motor starter tipe reduksi

1) Pada saat kunci kontak ON
Dengan memutar kunci kontak ke posisi st (start), arus akan mengalir dari baterai melalui hold in coil dan bersamaan dengan ini pula juga mengalir ke pull in coil dan field coil, armature, dan kemudian ke ground. Pada saat ini, pull in coil dan field coil menghasilkan gaya magnet dengan arah yang sama.
2) Pada saat pinion gear berkaitan penuh dengan flywheel
Bila magnetic switch dan sekrup ulir memanjang telah mendorong pinion gear sehingga terjadi perkaitan penuh dengan flywheel, contact plate akan berhubungan dengan plunger dan menghubungkan secara singkat terminal 30 dan terminal c. Dengan demikian, arus yang mengalir bertambah besar sehingga motor starter akan menghasilkan torsi dan putaran yang besar. Pada waktu yang bersamaan, tegangan pada ujung pull in coil tidak dialiri arus. Plunger dipertahankan pada posisi menempel ke kontak utama oleh gaya magnet pada hold in coil.
3) Pada saat engine hidup
Apabila engine telah hidup, armature akan diputarkan oleh flywheel sehingga starter clutch akan berputar bebas dan mencegah armature berputar melebihi kecepatan maksimum.
4) Pada saat kunci kontak OFF
Dengan memutar kunci kontak ke posisi OFF, arus yang mengalir ke hold in coil akan terputus sehingga plunger akan kembali ke posisi semula, akibat dari dorongan return spring. Dengan demikian kunci kontak utama akan terbuka dan arus yang mengalir ke field coil akan terputus dan armature akan berhenti berputar. Berhentinya armature akan dibantu oleh pengereman dari gesekan pada brush dan komutator.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Mekanisme Katup

Rangkuman Fuel System