Soal dan Jawaban Mekanisme Katup
1) Sebutkan
fungsi mekanisme katup dan jenisnya!
2) Sebutkan
keuntungan dan kerugian jenis mekanisme katup!
3) Jelaskan
mengapa celah katup perlu disetel!
4) Sebutkan
komponen mekanisme katup dan fungsinya masing-masing!
5) Jelaskan cara
membedakan katup masuk dan buang!
6) Sebutkan macam-macam
penggerak katup!
7) Sebutkan bagian-bagian
camshaft!
8) Jelaskan jika
celah katup tidak ada!
9) Jelaskan jika
tanda timing tidak tepat dan akibatnya!
10) Sebutkan fungsi
tensioner!
Jawaban
1) -) Fungsi
mekanisme katup: Berfungsi untuk membuka dan menutup katup hisap dan katup
buang yang sesuai dengan firing order
suatu silinder.
-) Jenis mekanisme katup: - OHV (Over Head Camshaft)
- OHC (Over Head Camshaft)
- DOHC (Double Over Head Camshaft)
2) -)
Keuntungan dan kerugian OHV:
-)
Keuntungan:
1) Konstruksinya sederhana.
2) Lebih awet.
-)
Kerugian:
1) Tidak bagus digunakan pada RPM
tinggi.
2) RPM max hanya mencapai 9000 RPM.
-) Keuntungan dan kerugian OHC:
-)
Keuntungan:
1)
Proses pembukaan dan penutupan lebih cepat.
2)
Bagus digunakan pada mesin RPM tinggi.
-)
Kerugian:
1)
Konstruksi lebih rumit.
-) Keuntungan dan kerugian DOHC:
-)
Keuntungan:
1)
Suplai bahan bakar lebih banyak.
2)
Katup dapat dipasang lebih banyak.
-)
Kerugian:
1)
Konstruksi lebih rumit.
3) Penyetelan
celah katup dilakukan untuk memperoleh jarak bebas antara pelatuk dan batang
katup. Jarak bebas digunakan untuk pemuaian pada waktu mesin panas.
4) 1) Katup:
Berfungsi untuk membuka dan menutup saluran hisap dan buang.
2) Camshaft:
Berfungsi untuk membuka dan menutup katup sesuai waktunya.
3) Valve lifter:
Berfungsi untuk mengangkat push rod.
4) Rocker arm:
Berfungsi untuk menutup dan membuka katup.
5) 1) Katup
masuk diameternya lebih besar dibanding katup buang.
2) Katup buang lebih tebal dibanding katup masuk.
3) Dalam beberapa model, katup masuk dan katup buang
diameternya sama, tetapi katup buang dilengkapi dengan kandungan sodium untuk
menyerap panas.
6) 1) Metode timing gear.
2) Metode timing
chain.
3) Metode timing
belt.
7) 1) Sub gear.
2) Camshaft
driven gear.
3) Intake
camshaft.
4) Exhaust
camshaft.
5) Camshaft
drive gear.
6) Fuel pump
drive cam.
7) Camshaft
timing pulley
8) Oil seal.
9) No. 1 jurnal.
10) Camshaft
hexagonal wrench head.
11) Cut out
groove.
8) Jika tidak
ada celah katup, katup tidak akan menutup dengan sempurna sehingga timbul loss energy/kerugian tenaga.
9) Jika tanda timing tidak tepat, maka proses timing akan terganggu bahkan dapat
terubah. Akibatnya proses kerja mekanisme katup terganggu dan dapat
mengakibatkan kesalahan pembukaan katup.
10) Fungsi tensioner ialah untuk mengencangkan timing belt/chain.
Komentar
Posting Komentar