Soal dan Jawaban Mekanisme Katup

Soal
1)      Sebutkan fungsi mekanisme katup dan jenisnya!
2)      Sebutkan keuntungan dan kerugian jenis mekanisme katup!
3)      Jelaskan mengapa celah katup perlu disetel!
4)      Sebutkan komponen mekanisme katup dan fungsinya masing-masing!
5)      Jelaskan cara membedakan katup masuk dan buang!
6)      Sebutkan macam-macam penggerak katup!
7)      Sebutkan bagian-bagian camshaft!
8)      Jelaskan jika celah katup tidak ada!
9)      Jelaskan jika tanda timing tidak tepat dan akibatnya!
10)  Sebutkan fungsi tensioner!



Jawaban
1)      -) Fungsi mekanisme katup: Berfungsi untuk membuka dan menutup katup hisap dan katup buang yang sesuai dengan firing order suatu silinder.
-) Jenis mekanisme katup: - OHV (Over Head Camshaft)
- OHC (Over Head Camshaft)
- DOHC (Double Over Head Camshaft)
2)      -) Keuntungan dan kerugian OHV:
-) Keuntungan:
            1) Konstruksinya sederhana.
            2) Lebih awet.
-) Kerugian:
            1) Tidak bagus digunakan pada RPM tinggi.
            2) RPM max hanya mencapai 9000 RPM.
-) Keuntungan dan kerugian OHC:
            -) Keuntungan:
                        1) Proses pembukaan dan penutupan lebih cepat.
                        2) Bagus digunakan pada mesin RPM tinggi.
            -) Kerugian:
                        1) Konstruksi lebih rumit.
-) Keuntungan dan kerugian DOHC:
            -) Keuntungan:
                        1) Suplai bahan bakar lebih banyak.
                        2) Katup dapat dipasang lebih banyak.
            -) Kerugian:
                        1) Konstruksi lebih rumit.
3)      Penyetelan celah katup dilakukan untuk memperoleh jarak bebas antara pelatuk dan batang katup. Jarak bebas digunakan untuk pemuaian pada waktu mesin panas.
4)      1) Katup: Berfungsi untuk membuka dan menutup saluran hisap dan buang.
2) Camshaft: Berfungsi untuk membuka dan menutup katup sesuai waktunya.
3) Valve lifter: Berfungsi untuk mengangkat push rod.
4) Rocker arm: Berfungsi untuk menutup dan membuka katup.
5)      1) Katup masuk diameternya lebih besar dibanding katup buang.
2) Katup buang lebih tebal dibanding katup masuk.
3) Dalam beberapa model, katup masuk dan katup buang diameternya sama, tetapi katup buang dilengkapi dengan kandungan sodium untuk menyerap panas.
6)      1) Metode timing gear.
2) Metode timing chain.
3) Metode timing belt.
7)      1) Sub gear.
2) Camshaft driven gear.
3) Intake camshaft.
4) Exhaust camshaft.
5) Camshaft drive gear.
6) Fuel pump drive cam.
7) Camshaft timing pulley
8) Oil seal.
9) No. 1 jurnal.
10) Camshaft hexagonal wrench head.
11) Cut out groove.
8)      Jika tidak ada celah katup, katup tidak akan menutup dengan sempurna sehingga timbul loss energy/kerugian tenaga.
9)      Jika tanda timing tidak tepat, maka proses timing akan terganggu bahkan dapat terubah. Akibatnya proses kerja mekanisme katup terganggu dan dapat mengakibatkan kesalahan pembukaan katup.

10)  Fungsi tensioner ialah untuk mengencangkan timing belt/chain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara kerja motor starter tipe reduksi

Rangkuman Fuel System