Wi-Fi 6 Sudah Muncul Nih: Apa Kamu Perlu Upgrade?


Perangkat keras (Hardware) Wi-Fi 6 sudah keluar. Kamu bisa beli router, smartphone, dan laptop yang sudah support generasi Wi-Fi terbaru hari ini. Pada CES 2020, kami melihat lebih banyak perangkat (device) yang menggunakan Wi-Fi 6 telah diumumkan. Kamu mungkin mendapatkan hardware dengan Wi-Fi 6 ini di tahun ini. Tapi apakah memang layak untuk upgrade sekarang?

Apa Itu Wi-Fi 6, dan Kenapa Harus Peduli?

Jadi, Wi-Fi 6 ini adalah generasi terbaru dari standar Wi-Fi. Aliansi Wi-Fi mengubah nama standar lama, jadi 802.11ac sekarang adalah Wi-Fi 5 dan 802.11n adalah Wi-Fi 4. Wi-Fi 6 juga dikenal dengan nama 802.11ax.

Ketika menggunakan router dengan hanya satu device yang terkoneksi, Wi-Fi 6 dapat menawarkan hingga 40% transfer data yang lebih cepat. Intel mengklaim bahwa Wi-Fi 6 dapat meningkatkan kecepatan rata - rata pengguna sekitar 40 kali lipat di area yang ramai dan penuh jaringan. Baik itu di kafe dengan Wi-Fi publik ataupun di Wi-Fi rumahan, dengan Wi-Fi 6 akan meningkatkan kecepatan.

Router  Wi-Fi 6 Direkomendasikan Digunakan Dengan Device Wi-Fi 6



Wi-Fi yang baru dan cepat selalu baik. Seperti biasanya, device dengan Wi-Fi 6 kompatibel dengan generasi Wi-Fi sebelumnya. Kamu bisa dapat HP dengan Wi-Fi 6 dan mengkoneksikannya ke router Wi-Fi 5 atau Wi-Fi 4. Kamu juga bisa menggunakan router Wi-Fi 6 dan menyambungkan device dengan Wi-Fi yang lebih lama.

Tetapi, seperti biasanya, sangat penting untuk menyadari bahwa kamu perlu access point Wi-Fi 6 pada kedua device agar mendapatkan keuntungannya. Jika hanya salah satu saja yang support Wi-Fi 6, maka yang terjadi adalah mereka bekerja berdasar versi Wi-Fi yang lebih tua.

Tentu saja, tidak semua device pada jaringan harus support Wi-Fi 6. Contohnya, kalau kamu mengkoneksikan HP yang support Wi-Fi 6 ke router yang support Wi-Fi 6 tapi juga ada device dengan Wi-Fi 5 yang sedang mengkoneksi ke router yang sama, maka HP dengan router akan bekerja dengan Wi-Fi 6 sedangkan dengan device lainnya router bekerja dengan Wi-Fi 5. Router kamu bisa melakukan keduanya secara bersamaan.

Ketika kita bicara mengenai upgrade ke generasi baru dari Wi-Fi, sangat penting untuk menyadari apa maksud dari upgrade tersebut. Tentu saja, kamu bisa upgrade router dan dapetin Wi-Fi 6 tapi apa kamu juga sudah punya device yang support Wi-Fi 6? Kamu mungkin lagi gak mau beli HP atau laptop baru dengan Wi-Fi 6 sekarang, Wi-Fi yang baru sekarang bukanlah upgrade yang bisa dibilang besar. Dan juga masih jarang device di pasaran yang support Wi-Fi 6.

Kamu mungkin mendapati Wi-Fi 6 pada device seperti HP, laptop, tablet yang baru. Wi-Fi 6 akan jadi standar seperti Wi-Fi 5 (802.11ac) yang ada sekarang. Jadi, memilih mengupgrade router untuk mendapat keuntungan Wi-Fi 6 akan lebih baik.

Router Dengan Wi-Fi 6 Sudah Ada Loh

Sejumlah router dengan Wi-Fi 6 sudah ada di pasaran. Tingga cari "Wi-Fi 6 router" di toko online dan kamu bakal melihatnya dari model seperti TP-Link, NETGEAR, dan Asus.

Router dengan Wi-Fi 6 tentunya lebih mahal. Upgrade ke router Wi-Fi 6 dari router Wi-Fi 5 mungkin tidak memberikan perubahan yang berarti untuk sekarang, terutama kalau belum punya device Wi-Fi 6.

Pada awal tahun 2020, hardware Wi-Fi 6 merupakan produk baru. Di lain sisi, kalau kamu butuh untuk beli router sekarang, pikirin deh untuk beli model yang support Wi-Fi 6 .

Pada CES 2020, banyak pembuat router mengumumkan router dengan Wi-Fi 6 yang bakal keluar di tahun 2020.

Device Apa Aja Yang Support Wi-Fi 6?



Maih banyak device di pasaran yang tidak support Wi-Fi 6. Smartphone, laptop, tablet dan device lainnya dengan support Wi-Fi 6 sangat jarang ditemukan.

Apple iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max support dengan Wi-Fi 6. Namun, iPhone yang lebih tua tidak support dengan Wi-Fi 6. Apple belum menawarkan Wi-Fi 6 di semua iPad atau Mac.

Sedikit ponsel Android support Wi-Fi 6. Samsung Galaxy Note 10 series, Galaxy S10 series, dan Galaxy Fold support dengan Wi-Fi 6. Hanya itu, sampai sekarang.

Banyak laptop yang belum support Wi-Fi 6. Dell mengeluarkan laptop XPS 13 dengan hardware Killer Wi-Fi 6 di akhir tahun 2019, dan HP mengeluarkan sistem Spectre x360 13 dengan chipset Intel Wi-Fi 6. Intel 10th generation archiitecture (Ice Lake) akan terintegrasi dan support Wi-Fi 6, yang artinya akan semakin lebih sering dijumpai.

Device lainnya masih belum support Wi-Fi 6. Kami tidak mendapatkan single game console atau TV streaming box dengan support Wi-Fi 6. PlayStation, Xbox, Nintendo Switch, Roku, Apple TV tidak dapat menggunakan standar terbaru ini. Kami juga belum melihat smart TV atau smart home gadget dengan Wi-Fi 6.

Sementara Wi-Fi 6 secara teknis sudah ada, tetapi ini baru beberapa dan masih sedikit device yang support dengan Wi-Fi 6. Bahkan jika kamu menginingkan untuk upgrade semua yang ada di rumahmu supaya bekerja dengan Wi-Fi 6, sayangnya belum bisa.

Apakah Upgrade ke Wi-Fi 6 Worth It?



Apakah Wi-Fi 6 ini bagus? Tentu saja! Wi-Fi 6 itu sangat baru, dan merupakan versi Wi-Fi yang tercepat yang akan menjadi standar di semua device yang bakalan kamu beli, seperti halnya dengan Wi-Fi 5 (802.11ac) dan Wi-Fi 4 (802.11n). Teknologi semakin berkembang dan Wi-Fi semakin baik dan cepat. Itu semua bagus.

Tapi, apakah layak untuk upgrade ke Wi-Fi 6 sekarang? Tidak perlu. Jika kamu mau beli router baru, mungkin kamu bisa mengecek model dengan Wi-Fi 6 dan mempertimbangkannya. Itu jalan yang baik supaya gak ketinggalan jaman, tapi kami tidak terlalu merekomendasikan untuk buru-buru upgrade ke router dengan Wi-Fi 6 kalau kamu masih senang pakai router yang sekarang.

Di sisi lain, kalau kamu punya iPhone 11, telepon Samsung mode baru, atau laptop dengan Wi-Fi 6 dan kamu benar benar pengen mendapat keuntungan dan kecepatan yang lebih cepat, kamu mungkin bisa beli router baru dengan Wi-Fi 6. Kalau kamu orang dengan tipe pengen beli barang baru, ya silahkan saja! Hardware Wi-Fi 6 sudah tersedia di pasaran.

Semuanya mesti menunggu. Wi-Fi 6 itu bagus--tapi, di beberapa tahun, hampir semua yang kamu beli harus ada support Wi-Fi 6. Router Wi-Fi 6 mungkin harganya bakal turun di beberapa tahun kedepannya.

Bagaimana Dengan Wi-Fi 6E?

Masalah rumit lebih lanjut, Wi-Fi 6E juga sedang berjalan. Masih dalam status pending karena regulasi pemerintah. Belum ada tanggal rilis, tetapi Wi-Fi 6E bakal jadi extention dari Wi-Fi 6 sehingga frequency band nya bisa mencapai 6 GHz, menambahkan 2.4 GHz dan 5GHz band Wi-Fi yang sudah digunakan.

Tapi tentu saja, kamu harus punya hardware dengan Wi-Fi 6E untuk mendapatkan keuntungan itu. Kamu gak bisa koneksikan ponsel dengan Wi-Fi 6 ke router Wi-Fi 6E untuk dapetin channel 6 GHz, kamu butuh ponsel dengan Wi-Fi 6E dan juga router yang support Wi-Fi 6E.

Teknologi semakin berkembang, dan akan selalu ada hal baru dikedepannya. Untuk saat ini hardware Wi-Fi 6E mungkin baru muncul, tapi tidak menutup kemungkinan akan ada Wi-Fi 7 di kedepannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara kerja motor starter tipe reduksi

Soal dan Jawaban Mekanisme Katup

Rangkuman Fuel System