Rangkuman Sistem Pendingin
·
Untuk mencegah kehilangan tenaga maka biasanya antara
pompa air dan kipas pendingin dipasang sebuah kopling fluida. Berfungsi juga
menghindari overheating.
·
Kalau menggunakan electronic
fan, jika mesin belum panas, kipas tidak berfungsi. Jika mesin mulai panas,
kipas mulai bekerja. Jika mesin panas, putaran kipas semakin tinggi.
·
Electronic
fan diatur oleh sensor temperatur air.
·
Sistem pendingin memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya
mengurangi panas mesin. Kekurangannya jika overheating
dapat menurunkan tenaga mesin.
·
Cara kerja electronic
fan:
-Kunci Kontak IG/ON->Fan Relay (Open)->Coolant Temperature Switch (Closed If Temperature ≤93°C)->Kipas OFF (Tidak Bekerja)
-Kunci Kontak IG/ON->Fan Relay (Closed)->Coolant
Temperature Switch ( Open If
Temperature ≥93°C)->Kipas ON
·
Fungsi paling penting tutup radiator:
1)
Menaikan titik didih.
2)
Mempertahankan air pendingin.
·
Pressure
valve berbentuk seperti sayap dan dapat membuka tutup di leher radiator.
·
Relief
valve terdapat di tengah-tengah pressure
valve.
·
Bagian sistem pendingin:
1)
Tangki cadangan.
2)
Pompa air.
3)
Selang radiator.
4)
Water jacket.
·
Knocking
(detonasi) adalah proses pembakaran yang tidak sempurna (tidak pada tempatnya).
·
Yang harus diperhatikan di sistem pendingin:
1)
water
pump.
2)
Radiator.
3)
Radiator fan.
4)
Cap pressure
dan reservoir tank.
5)
Termostat.
6)
Sistem bypass.
7)
Freeze plug
8)
Paking gasket
intake manifold.
·
PSI merupakan kepanjangan dari Per Square Inch.
·
Freeze
plug berada diatas kepala silinder.
Komentar
Posting Komentar