Rangkuman Sistem Pendingin

·         Putaran kipas tergantung kepada putaran mesin.
·         Untuk mencegah kehilangan tenaga maka biasanya antara pompa air dan kipas pendingin dipasang sebuah kopling fluida. Berfungsi juga menghindari overheating.
·         Kalau menggunakan electronic fan, jika mesin belum panas, kipas tidak berfungsi. Jika mesin mulai panas, kipas mulai bekerja. Jika mesin panas, putaran kipas semakin tinggi.
·         Electronic fan diatur oleh sensor temperatur air.
·         Sistem pendingin memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya mengurangi panas mesin. Kekurangannya jika overheating dapat menurunkan tenaga mesin.
·         Cara kerja electronic fan:
-Kunci Kontak IG/ON->Fan Relay (Open)->Coolant Temperature Switch (Closed If Temperature ≤93°C)->Kipas OFF (Tidak Bekerja)
-Kunci Kontak IG/ON->Fan Relay (Closed)->Coolant Temperature Switch ( Open If Temperature ≥93°C)->Kipas ON
·         Fungsi paling penting tutup radiator:
1)      Menaikan titik didih.
2)      Mempertahankan air pendingin.
·         Pressure valve berbentuk seperti sayap dan dapat membuka tutup di leher radiator.
·         Relief valve terdapat di tengah-tengah pressure valve.
·         Bagian sistem pendingin:
1)      Tangki cadangan.
2)      Pompa air.
3)      Selang radiator.
4)      Water jacket.
·         Knocking (detonasi) adalah proses pembakaran yang tidak sempurna (tidak pada tempatnya).
·         Yang harus diperhatikan di sistem pendingin:
1)      water pump.
2)      Radiator.
3)      Radiator fan.
4)      Cap pressure dan reservoir tank.
5)      Termostat.
6)      Sistem bypass.
7)      Freeze plug
8)      Paking gasket intake manifold.
·         PSI merupakan kepanjangan dari Per Square Inch.

·         Freeze plug berada diatas kepala silinder.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara kerja motor starter tipe reduksi

Soal dan Jawaban Mekanisme Katup

Rangkuman Fuel System